Tips menghilangkan karang gigi sendiri

Karang gigi

Fakta8 - Masalah karang gigi memang banyak di alami, Karang gigi  itu sendiri sebenarnya adalah mineral deposit berwarna cokelat atau kuning yang melekat pada gigi, hal ini bisa berakibat periodontitas, apalagi kalau dibiarkan begitu saja tanpa usaha membersihkannya.

agar dapat menghilangkan karang gigi, biasanya orang akan konsultasi ke dokter gigi, Namun sebenarnya, ada cara cepat yang bisa di lakukan sendiri di rumah untuk menghilangkan karang gigi tersebut. 

Ingat, cara ini sebenarnya tak akan menghilangkan karang gigi secepat apa yang dilakukan oleh dokter gigi. Karena mengurangi karang yang sudah banyak menumpuk, perlua dilakukan beberapa pilihan pengobatan.

Bahan-bahan yang diperlukan adalah:
  • Hidrogen peroksida
  • Air
  • Bubuk soda kue
  • Antiseptik pencuci mulut
  • Garam
  • Dental pick
  • Sikat gigi

Caranya: 
  1. Campurkan satu cangkir hidrogen peroksida dengan 1/2 setengah cangkir air hangat, kemudian berkumurlah  dengan campuran air tersebut kurang lebih selama satu menit. Buang, kemudian bilas dengan 1/2 setngah cangkir air dingin.
  2. Bahan yang paling umum dan efektif untuk menghilangkan karang gigi adalah baking soda. Campurkan 1 satu sendok makan baking soda dengan 1/2 sendok teh garam dalam cangkir. Lalu, rendam sikat gigi dalam air hangat dan celupkan dalam campuran. Mulailah sikat gigi Anda menggunakan air campuran tersebut. Lakukan proses ini selama 5 menit.
  3. Berkumurlah mulut dengan antiseptik pencuci mulut.
  4. Gunakan dental pick untuk membuang karang pada gigi. Lakukan dengan hati-hati, supaya tidak mengikis dan merusak gusi Anda.


silahkan ikuti tips berikut ini, Agar bisa mendapatkan gigi putih seputih mutiara dan senyum yang indah ;

1. Konsumsi Keju
Cobalah untuk makan keju Swiss atau cheddar sebelum makan, ini dilakukan untuk membantu menetralisir asam penyebab karang gigi. 

2. Stroberi dan tomat.
Lantaran kedua buah ini kaya akan vitamin C, Tomat dan stroberi sangat baik untuk menjaga kesehatan mulut, . Buah tersebut mampu memutihkan gigi dan melembutkan karang gigi. Cukup digosokkan langsung tomat dan stroberi ke gigi dan diamkan selama 5 menit. Anda dapat melakukan cara yang sama, menggunakan makanan lain yang juga kaya vitamin C, seperti jeruk nipis, jeruk, lemon, paprika dan pepaya. Setelah itu, bilas dan cuci mulut Anda menggunakan campuran yang terbuat dari baking soda dan air hangat.

Berikut ini tips untuk menjaga kesehatan mulut:

  • Biasakan untuk teratur menggunakan benang gigi.
  • Bersihkan mulut Anda secara alami dengan menggunakan air liur yang dipicu dari makanan pedas yang akan menghasilkan kelenjar ludah.
  • Gosok gigi menggunakan kulit jeruk sebelum tidur tanpa dibilas, untuk mencegah bakteri berkembang biak.
  • Saat menyikat gigi, gunakan sikat gigi yang lembut dan lakukan gerakan vertikal. Pastikan untuk selalu membersihkan ruang antara gusi dan gigi.

Sumber: Healthy Food House.

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips menghilangkan karang gigi sendiri"

Post a Comment