Lihat Polisi Terima Suap? Ayo Segera Laporkan Saja Lewat Situs Ini


Guna mengatasi dan menghilangkan tindakan menyimpang atau penyalah gunaan wewenang oleh para aparatnya saat bertugas dimana pun, pihak Kepolisian Republik Indonesia terus melakukan pemberantasan dengan melibatkan masyarakat luas.

Salah satu caranya ialah meminta agar masayarakat yang melihat anggota korps Bhayangkara yang melakukan penyimpangan untuk segera melaporkannya. Demi memudahkan pelaporan itu pihak polri sudah menyediakan cara yang lebih mudah dan praktis.

Masyarakat yang hendak melapor kini tidak perlu repot-repot mendatangi kantor polisi. Kini cukup hanya dengan memanfaatkan layanan internet yang sudah canggih. Yakni dengan mengunjungi situs ‘ropam.polri.go.id’. Setelah itu tinggal menuliskan pengaduan mengenai anggota polri yang melakukan tindakan menyimpang.

Disana sudah diarahkan, untuk itu jika heendak melapor perlu diketahui nama anggota polri yang melakukan penyalah gunaan kekuasaan atau melakukan tindakan sewenang-wenang.

“Jika Mitra Humas mengetahui ada Oknum ANGGOTA POLRI atau PNS Polri yang melakukan tindakan menyimpang, segera catat nama, pangkat dan kesatuan anggota tersebut dan melaporkan ke Bid Propam Polda Kaltim atau menghubungi Div Propam Polri melalui No. Telp (021-7218615) / pengaduan Online di Website Div Propam Polri,” demikian keterangan Divisi Humas mabes Polri seperti yang tertulis dilaman akun Facebook fan page resminya.

Bagi pelapor yang hendak melaporkan kejadian tindak penyimpangan itu, terlebih dahulu diharuskan mengisi sejumlah kolom identitas yang memang sudah tersedia. Misalnya seperti mengisi nama, alamat, umur, pekerjaan, nomor identitas hingga nomor telefon. Barulah kemudian mengisi kolom khusus pengaduan yang berisi mengenai kolom waktu kejadian, nama pelaku (anggota polri yang melanggar), apa yang terjadi, jumlah saksi dan nama korbannya.

Setelah semua kolom terisi, langkah selanjutnya ialah menekan tombol ‘submit’. Anda tidak perlu khawatis mengenai identitas anda, meski pun anda diharuskan mengisi lengkap identitas anda sebelum melaporkan pristiwa tersebut, karena pihak Polri sudah menegaskan akan menjamin dan menjaga serta melindungi indentitas sang pelapor secara hukum.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lihat Polisi Terima Suap? Ayo Segera Laporkan Saja Lewat Situs Ini"

Post a Comment