MOHON SEBARKAN INI ... !!!! Berbagai Dampak Negatif Penggunaan AC untuk Anak


Sahabat Ummi, ada yang menggunakan AC untuk kamar anak? Atau sedang berencana akan menambahkan AC untuk kamar anak. Kalau begitu perlu membaca yang satu ini!

Penggunaan AC saat ini memang tidak hanya dibatasi untuk hotel, gedung besar, rumah sakit, atau perkantoran. Karena kini AC juga telah dipasang di berbagai rumah, termasuk di dalam kamar anak.

Penggunaan AC memang dibutuhkan terutama di Indonesia yang memiliki cuaca panas di musim kemarau. Dengan adanya AC baik di dalam rumah atau yang biasa digunakan di mobil tentu kita akan merasa sejuk, segar dan nyaman.

Memang penggunaan AC tidak membahayakan kesehatan tubuh secara langsung, namun, bagi anak-anak, penggunaan AC perlu diwaspadai. Terutama bagi anak-anak yang memiliki alergi, tentu ini buruk untuk kesehatannya. Karenanya, anda perlu mengetahui beberapa dampak negatif penggunaan AC untuk anak, di antaranya adalah:

1. Bagi seorang anak yang memiliki alergi terutama di bagian sistem pernapasan, maka sebaiknya hindari penggunaan AC. Kenapa? Karena AC berperan dalam menciptakan udara dingin dan juga debu. Hal ini akan memperburuk sistem pernapasan anak anda, karena sebagian besar anak alergi pada debu di rumah, asap rokok dan juga udara dingin.

2. Sirkulasi udara yang terlalu dingin juga mempengaruhi kesehatan paru-paru anak yang masih lemah. Karenanya, jika anda ingin menggunakan AC, atau saat malam hari sebaiknya kondisikan AC pada suhu 24°C terutama saat ia tidur. Akan lebih baik pula, jika anak anda tidak tidur di dalam ruangan ber-AC terutama di malam hari.

3. Untuk memberikan kesejukan yang menyehatkan sebaiknya bersihkan filter AC setiap dua minggu karena dalam waktu itu, filter AC akan dipenuhi oleh debu. Anda juga perlu membersihkannya setiap 3 bulan sekali secara teknisi agar dapat mengurangi paparan debu. Dengan penggunaan AC yang sehat, maka kesehatan anak anda juga lebih terjamin.

4. Jangan terlalu tinggi dalam menyalakan AC. Paru-paru anda mungkin kuat menahan rasa dingin yang menusuk ke hidung saat menghirupnya. Namun, bagi anak-anak tentu masih sangat lemah bagi paru-parunya untuk menghirup udara dingin secara langsung. Tidak hanya batuk yang terjadi saat anak tidak bisa menghirup udara dengan benar, tapi juga dapat memicu terjadinya penyakit asma atau sesak napas.

5. Anda harus tetap menjaga suhu AC yang tepat untuk iklim tropis. Jangan terlalu dingin menyalakan AC karena hal ini juga dapat menyebabkan kulit kering, bahkan menyebabkan kulit menggigil untuk anak kecil.

6. Jangan terlalu sering menggunakan AC, cukup disaat udara panas. Sebaiknya hindari pemakaian AC di pagi hari dan malam hari, terutama untuk anak anda, karena hal ini juga bisa menimbulkan masuk angin pada anak.

(Sumber:http://www.ummi-online.com)
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "MOHON SEBARKAN INI ... !!!! Berbagai Dampak Negatif Penggunaan AC untuk Anak"

Post a Comment