Baca Kalau Berani !!! Pemakaman Itu Bikin si Pemuda Merinding, Lihat yang Terjadi


Zaman sekarang, banyak pasangan menikah dan kemudian membuat programkeluarga berencana. Alasannya ekonomi tak mengizinkan untuk punya anak banyak. Meskipun pada kenyataannya, setiap anak yang lahir itu membawa rezeki kepada keluarga.
Ada yang berpendapat kuantitas anak itu tak penting, yang penting adalah kualitasnya. Berikut ada kisah menarik yang dibagikan Yazlee Ramli melalui media sosial ketika ia mengunjungi sebuah pemakaman.
Mungkin cerita Yazlee dapat dijadikan peringatan tentang betapa pentingnya memiliki banyak anak yang berbakti!
Hikmah punya anak banyak
Sehari sebelumnya Yazlee dan keluarganya menghadiri acara pemakaman kakek saudara almarhum ayahnya di Pontian, Johor. Keluarga Yazlee sampai saat keranda jenazah sedang diusung ke tanah perkuburan.
Kebetulan rumah almarhum tak jauh dari pemakaman, jadi kerandanya dipikul oleh anak-anak dan cucu lelakinya yang memang banyak.
lni bukan maksud Yazlee ingin cerita senangnya balik kampung. Tapi panggilan untuk berbagi apa yang Yazlee rasa dan Iihat dengan mata kepala sendiri. Terus terang Yazleesedih dan sempat meneteskan air mata tapi bukan sebab terlalu sedih meratapi kepergian almarhum. Namun terharu melihat betapa beruntungnya almarhum dibandingkan Yazlee.
Almarhum punya 6 orang anak laki-laki dan 4 orang anak perempuan. Sebuah jumlah yang cukup banyak bagi ukuran keluarga modern.
Seperti yang diketahui, banyak keluarga modern mengatakan enggan punya anak banyak. Bagi mereka, biar kuantitas sedikit tapi berkualitas. Tapi yang Yazlee lihat semalam telah mengubah pemikirannya selama ini. 

Seluruh Urusan Jenazah Dikerjakan Anaknya

Bayangkan, semua urusan jenazah dilakukan oleh anak dan cucu-cucu almarhum. Bukan saja urusan memandikan, mengkafani, mengimami solat jenazah si ayah, menurunkan ke liang Iahat, membaca hatta talkin juga dibaca oleh anak almarhum sendiri.
Mereka seolah tahu peran masing-masing. Sambil sebagian anak dan cucu mengurus pemakaman, beberapa anak sempat bertahlil sementara jenazah ayahnda mereka dikebumikan.
Usai jenazah ditanam, anak yang bertahlil berhenti dan salah seorang anak mengambil alih membaca talkin. Bayangkan talkin dibaca dgn menyebut " Wahai ayahku kuatkan hatimu..." sungguh membuat merinding Yazlee.
Ke-6 orang anak laki-laki almarhum menetes air mata waktu bacaan doa dibacakan. Yazlee dapat rasakan almarhum di dunia sana tersenyum saat melihat semua urusan di pengakhiran perjalanan hidupnya dilakukan oleh darah dagingnya.
Benarlah jika anak dibesarkan dengan agama, segalanya sangat sempurna. Mereka tidak hanya sukses dari segi akademik tapi juga kepribadian dan ilmu agama.
" Betapa aku ingin dan harap semua yang membaca kisah ini juga ingin melalui pengalaman yang menakjubkan ini," kata Yazlee.
Anak soleh bekal ke akhirat
Sekarang Yazlee Iebih mengerti kenapa Islam menyebut 3 amalan yang dibawa setelah mati selain Sedekah, Amal Jariyah dan Ilmu yang Bermanfaat adalah Doa anak yang soleh. Karena 3 hal ini lah yang seharusnya kita jadikan panduan dalam kehidupan sebagai seorang yang bergelar ayah dan ibu
Hanya anak-anak yang saleh saja yang mampu membuat doa dan amalan mereka menghiasi kubur orang tuanya.
Kita masih mampu mengubah untuk jadi orangtua yang baik dan berusaha menjadi anak yang baik dan saleh untuk ayah dan ibu kita. Selagi Allah masih sudi pinjamkan nikmat untuk kita bernapas dan melanjutkan hidup.. Semoga Allah merahmati hidup kita semua. InsyaAllah, Allahumma aamin.
(Ism, Sumber: ohbulan.com)
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Baca Kalau Berani !!! Pemakaman Itu Bikin si Pemuda Merinding, Lihat yang Terjadi"

Post a Comment