Ini yang Membuat Seseorang Tergoda Ngemil di Malam Hari


Banyak orang yang sulit menahan keinginannya untuk makan di malam hari. Padahal, mereka sudah menyantap makan malam sebelumnya atau sudah bersiap-siap ingin tidur. Dorongan menyantap makanan yang tinggi lemak dan kalori ini menjadi sesuatu hal yang sulit dijelaskan. Lantas bagaimana hal ini bisa terjadi?

Fenomena inilah yang menjadi bahan penelitian dari Brigham Young University, Amerika Serikat. Seperti dikutip dari Huffington Post, dengan melibatkan 15 relawan wanita, mereka ditunjukkan 360 gambar makanan pada pagi dan malam hari.

Makanan tersebut dibagi menjadi dua kategori, yakni makanan sehat yang rendah kalori seperti ikan dan sayuran hijau. Kategori lainnya adalah makanan yang tidak sehat dan tinggi kalori, seperti eskrim, kue, dan makanan cepat saji.

Hasilnya, saat mereka melakukan pemeriksaan MRI (Magnetic Resonance Imaging), terlihat otak para relawan menunjukkan stimulasi yang lebih rendah terhadap gambar makanan lezat yang kurang menyehatkan di malam hari. Akibatnya, mereka memiliki hasrat untuk mengonsumsi makanan tinggi kalori demi mencapai tingkat kepuasan yang sama saat mengonsumsi makanan di siang hari.

Pemimpin penelitian, Travis Masterson menjelaskan pada dasarnya seseorang harus makan lebih banyak di malam hari untuk meredam keinginan ngemil tersebut. "Seseorang makan lebih banyak pada malam hari karena makanan yang disantap di siang hari tidak menggugah selera, sehingga mereka makan lebih banyak untuk mencapai kepuasan tersebut," ujar Travis.

Lalu bagaimana solusinya yang tepat? Sayangnya, belum banyak yang bisa dilakukan untuk mengatasi hal ini karena berkaitan tentang stimulasi otak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa ketika makan saat tubuh seharusnya beristirahat di malam hari dapat menganggu pembelajaran dan ingatan seseorang. Sementara itu, asupan makanan yang dikonsumsi sebelum tidur juga dapat memengaruhi pencernaan Anda.

"Coba alihkan perhatian Anda dengan hal-hal lain. Misalnya membaca buku atau membereskan kamar sambil mendengarkan musik. Tetapi jika tetap ingin ngemil, cemilan sehat seperti buah-buahan dapat membantu mengurangi rasa lapar di malam hari," tutupnya.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini yang Membuat Seseorang Tergoda Ngemil di Malam Hari"

Post a Comment