Inilah 5 Dosa Suami yang Membuat Istri Resah, Nomer 2 dan 5 Sering Dilakukan!


Pernikahan menjadi sebuah prosesi sakral yang diidam-idamkan setiap orang. Selain untuk mengikat hati laki-laki dan perempuan menjadi pasangan suami istri, pernikahan juga bisa dijadikan ladang ibadah apabila keduanya senantiasa menjalankan hal dan kewajiban masing-masing sesuai syariat.
Bahkan ada ganjaran berupa peluang mendapatkan surga apabila mereka membangun keluarga yang berlandaskan Alquran dan hadis. Oleh sebab itu, banyak orang yang kemudian berpikir menikah agar bisa menghalalkan hubungan mereka.

Akan tetapi, setelah pernikahan tersebut terjadi justru banyak suami dan istri yang terjerumus dalam dosa dan kesalahan terhadap pasangannya.
Bahkan perbuatan ini dapat meresahkan hingga melukai dan mendatangkan dosa bagi pelakunya. Ini adalah ulasan mengenai lima dosa suami yang meresahkan istri. Simak halaman berikutnya!

1. Berburuk Sangka kepada Istri

Perbuatan dosa pertama yang membuat perasaan istri resah adalah berburuk sangkanya seorang suami. Bberburuk sangka (suudzon) merupakan perbuatan yang diharamkan dalam agama Islam.

Meskipun berburuk sangka ini merupakan amalan hati, akan tetapi dapat mempengaruhi ucapan dan perbuatan sehingga bisa membuat istri menjadi resah karena selalu dicurigai dan dianggap bersalah oleh sang suami.

"Waspadalah dengan buruk sangka karena buruk sangka adalah sejelek-jeleknya perkataan dusta." (HR. Bukhari dan Muslim)

2. Malas Mencari Nafkah

Salah satu kewajiban seorang suami kepada istrinya adalah dalam hal memberikan nafkah. Di antaranya seperti nafkah materi berupa tempat tinggal, pakaian dan makanan. Rasulullah SAW bersabda yang artinya:
“Mereka (istri-istri itu) berhak mendapatkan nafkah dan pakaian yang layak, yang menjadi tanggung jawab kalian (para suami)” (HR. Muslim)

3. Pelit Memberi Nafkah

Berbeda dengan poin kedua, pada poin ini sang suami sudah mencari nafkah akan tetapi ia sangat pelit dalam memberikan nafkah kepada istrinya tersebut. Ia hanya memberikan sedikit nafkah untuk istrinya sementara nafkah tersebut tidak mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Pernah seorang wanita mengadukan kepada Rasulullah betapa pelitnya suaminya. Ia pun lantas bertanya apakah boleh mengambil harta suaminya demi memenuhi kebutuhan pokok karena sebenarnya suaminya itu kaya dan banyak uangnya. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam pun lantas mengizinkannya mengambil sesuai kebutuhan pokok.

4. Tidak Memberikan Nafkah Biologis kepada Istri

Selain tidak tidak memberikan nafkah berupa harta, ternyata dosa selanjutnya yang membuat istri resah adalah tidak memberikan nafkah biologi kepadanya tanpa adanya udzur syar’i. Banyak suami yang mengungkapkan alasan mengapa ia tidak memberikan nafkah biologis kepada istrinya.

Tentu saja hal ini termasuk dosa, sebab seorang suami itu wajib mememuhi hak-hak pasangannya. Ada lagi perbuatan suami yang menimbulkan dosa baginya, yakni mereka melakukan hubungan di malam hari akan tetapi suami cepat keluar dan meninggalkan istrinya begitu saja tanpa memberikan kepuasan kepadanya.

5. Mengkhianati Cinta Istri

Dosa suami yang paling meresahkan istri terakhir adalah mereka yang mengkhianati cinta istrinya. Saat ini banyak dijumpai kasus mengenai suami yang berselingkuh dengan wanita lain. Padahal, menikah itu merupakan komitmen suci untuk hidup bersama dan saling setia.

Selain itu, dosa dari berzina itu sangatlah berat. Bahkan Allah SWT melarang umat-Nya untuk mendekati zina.
"Dan janganlah kalian mendekati zina; sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji dan suatu jalan yang buruk." (QS. Al Isra’: 32)
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah 5 Dosa Suami yang Membuat Istri Resah, Nomer 2 dan 5 Sering Dilakukan!"

Post a Comment