WASPADA, JAGA BAYI ANDA...Penyakit Hair Tourniquet, Ketika Sehelai Rambut Membuat Bayi Terancam Amputasi



Pasangan suami istri Scott dan Jessica Walker membawa pulang bayinya, Molly, ke rumah setelah sempat dirawat karena lahir prematur. Tak berapa lama ketika keluarga sedang piknik, Molly menangis dan Scott merasa ada sesuatu yang 'berbeda' dari tangisan anaknya.

"Karena Molly menangis hebat tubuhnya mulai panas sehingga Jessica melepas kaus kakinya. Saat itulah kami melihat sesuatu di jari kakinya," kata Scott seperti dikutip dari halaman Facebooknya.

Jari kaki Molly bengkak berwarna merah karena terlilit oleh sehelai rambut yang berada di kaos kaki. Karena kulitnya yang masih rentan dan sensitif sehelai rambut tersebut bisa mencekik dalam memutus aliran darah, sebuah kondisi yang disebut hair tourniquet.

Studi yang dipublikasi di tahun 2006 menyebut hair tourniquet sebetulnya adalah kondisi yang umum terjadi namun jarang dilaporkan. Bila orang tua atau dokter gagal mengenalinya dengan cepat maka sang bayi bisa terancam mengalami amputasi atau infeksi.

"Rasanya sangat sakit dan perlu ditangani secepatnya," kata dr Julie Gallombardo dari departemen anak New York University Langone Medical Center.

Pada kasus Molly beruntung Scott dan Jessica bisa mengenali masalah dengan cepat dan mencabutnya memakai pinset. Di halaman Facebook Scott bercerita tentang kisah mereka dengan harapan agar orang tua lain lebih waspada terhadap kondisi ini.

"Sayangnya rambut itu sudah berhasil memotong masuk ke dalam kulit Molly, benar-benar memutar di jari kakinya. Tapi kejadian ini bisa saja jadi lebih buruk lagi kalau tak cepat ditangani atau jika rambut itu tak bisa diakses," tutup Scott.

Sumber : facebook.com

loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "WASPADA, JAGA BAYI ANDA...Penyakit Hair Tourniquet, Ketika Sehelai Rambut Membuat Bayi Terancam Amputasi"

Post a Comment