Mata ini kenapa?


Salah satu organ tubuh manusia yang paling penting adalah mata, untuk bisa menikmati segala keindahan ciptaan Tuhan. Pada dasarnya, organ mata hanya memiliki 2 bagian organ saja, yaitu organ luar dan organ dalam. Pada kesempatan kali ini hanya akan dibahas bagian-bagian mata untuk organ dalamnya saja beserta fungsi dari organ tersebut. Berikut ini selengkapnya:

Kornea
Adalah lapisan terluar mata yang memiliki sifat kuat dan dapat ditembus oleh cahaya. Kornea sendiri punya fungsi untuk menerima cahaya lalu meneruskan cahaya yang masuk dari luar kebagian terdalam mata dan berakhir di retina, selain itu korea juga akan serta melindungi bagian-bagian mata yang sangat sensitif dibawah kornea.

Aqueous Humor
Aqueous Humor adalah lensa mata dan cairan kornea yang fungsinya untuk membiaskan cahaya kebagian dalam mata

Lensa Kristalin
Merupakan lensa mata yang memiliki peran sangat penting dalam mengatur letak bayangan supaya pas jatuhnya dibagian bintik kuning. Lensa ini fungsinya memfokuskan dan setelah itu meneruskan cahaya yang nantinya akan masuk kedalam mata agar jatuh tepat di retina.

Iris
Inilah selaput yang membentuk sebuah celah yang membentuk lingkaran di tengah-tengahnya. Fungsi dari iris ini untuk memberikan warna pada mata dan setelah itu mengatur besar-kecilnya pupil dengan tujuan untuk membatasi jumlah cahaya yang masuk kedalam mata. Letak iris ini posisinya tepat ditengah-tengah bola mata, yaitu di belakang kornea. Untuk warna dari iris biasanya bisa dipengaruhi oleh jenis ras dan bangsa.

Pupil
Pupil adalah celah yang dibentuk oleh iris yang fungsinya sebagai tempat masuknya cahaya. Fungsi lain dari pupil juga untuk mengatur banyak sedikitnya cahaya yang masuk. Jika dianalogikan, fungsi dari pupil ini sama persis dengan fungsi diafragma yang ada pada alat potret atau kamera. Pupil adalah celah yang berbentuk bulat dan posisinya ada di tengah-tengah iris.

Otot Mata
Otot ini fungsinya untuk menyangga lensa kristalin serta mengatur besar kecilnya lensa.

Vitreus Humor
Adalah cairan bening yang mengisi rongga mata. Vitreus Humor memiliki fungsi untuk meneruskan cahaya dari lensa kepada retina.

Retina
Sebuah lapisan pada dinding belakang bola dimana bayangan dibentuk. Selaput Jala adalah nama lain dari Retina yang sangat peka sama cahaya. Selaput Jalan ini memiliki fungsi untuk menangkap serta meneruskan cahaya dari lensa menuju saraf mata. Di dalam Retina ini ada sebuah ujung-ujung saraf untuk menerima.

Bintik Kuning
Adalah lengkungan yang ada pada retina. Bintik Kuning ini adalah bagian paling peka pada retina.

Syaraf Optik
Fungsinya untuk meneruskan rangsang cahaya dari retina pada otak. Syaraf Optik adalah nama lain dari Syaraf Mata fungsinya untuk meneruskan sebuah rangsang cahaya sampai pada otak. Setalah itu, semua informasi yang akan dibawa oleh saraf akan diproses sama otak. Maka dengan demikian manusia dapat melihat suatu benda dan mengenalinya.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mata ini kenapa?"

Post a Comment