Demi Kesehatan, Hindari Minum Dengan Menggunakan Gelas Yang Sama

Sering kali karena kata kebersamaan anda terkadang rela minum berbagi dengan teman anda. Dalam kehidupan anda punya stok masing-masing segelas air di meja kerja, kamar tidur, dan ruang makan yang bisa Anda minum kapan pun Anda mau? 


Apa yang Anda lakukan sebenarnya baik agar Anda tidak lupa minum. Tapi, karena tuntutan untuk minum delapan gelas air sehari, Anda harus mengisi gelas-gelas itu lagi dengan air yang baru di gelas yang sama.

Mungkin, pernah terlintas di benak Anda, sehatkah minum dari gelas yang sama tersebut? Atau merasa tidak masalah minum di gelas yang sama karena air putih tidak berbekas dan bersih. Keraguan Anda Anda akan kebersihan gelas bisa dipahami. Pasalnya, mikroorganisme membutuhkan lingkungan yang lembap untuk bisa hidup. Jadi, mungkin saja gelas-gelas itu jadi tempat berkembang biak yang sempurna untuk bakteri, mikroba, parasit. Dan siapa tahu Anda sudah menelan mereka bersama dengan air minum.

Memang benar bahwa bakteri dan mikroorganisme berbahaya lainnya tumbuh dengan baik di lingkungan yang lembap. Jadi ya, gelas yang tidak dicuci membawa risiko tumbuhnya mikroorganisme yang merugikan. Setiap kali meneguk air, Anda mentransfer mikroba ke dalam mulut Anda dari gelas.

"Jika Anda tidak mengeringkan gelas dengan sempurna sebelum menggunakannya lagi maka mungkin akan ada cukup waktu untuk mikroorganisme itu bereplika dan menyebabkan penyakit lagi," kata Aaron Margolin, PhD , seorang profesor mikrobiologi di University of New Hampshire.

Sumber air yang Anda gunakan untuk minum juga berpengaruh. Tidak seperti air PAM, air sumur tidak mengandung klorin untuk membantu mencegah tumbuhnya bakteri. Paparan bakteri, virus dan parasit dapat memicu muntah dan diare.

"Semakin banyak orang yang menggunakan gelas yang sama,semakin besar kemungkinan adanya bakteri yang bisa membuat Anda sakit," kata Margolin. Organisme yang membuat Anda sakit tidak muncul begitu saja. Mereka datang dan berasal dari sesuatu atau seseorang.

Karena itu, ada baiknya sebelum minum, Anda membatasi penggunaan cangkir hanya untuk satu individu, pastikan bahwa air benar-benar bersih, dan cucilah gelas lalu keringkan benar-benar.

sumber : Meetdoctor.com
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Demi Kesehatan, Hindari Minum Dengan Menggunakan Gelas Yang Sama"

Post a Comment