Cara Agar BAB Teratur


Istilah “buang air besar teratur” pada dasarnya tidak memiliki definisi yang benar-benar baku, karena sangat bervariasi antar individu. Meski demikian, secara umum dapat kita katakan frekuensi buang air besar yang masih tergolong “teratur” bervariasi dari tiga kali setiap harinya (dengan feses yang normal, tidak terlalu cair/lembek) hingga tiga kali dalam seminggu. Buang air besar kurang dari tiga kali dalam seminggu dapat dikategorikan sebagai konstipasi, adapun jika lebih dari 3 kali per hari, kemungkinan orang tersebut menderita diare.
Proses buang air besar atau defekasi dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti usia, jumlah dan jenis makanan yang dikonsumsi, aktivitas harian, ada tidaknya penyakit yang berhubungan dengan saluran cerna maupun saraf-saraf yang mengatur kerja saluran cerna, dsb.
Beberapa faktor yang dapat membantu agar buang air besar dapat berlangsung teratur antara lain adalah:
  • Konsumsi makanan kaya serat seperti serealia, sayuran dan buah-buahan dalam jumlah yang sering, seperti 2 kali atau lebih dalam sehari.
  • Bergerak lebih aktif, baik dengan olahraga khusus maupun gerak tubuh biasa, dan hindari gaya hidup bermalas-malasan.
  • Konsumsi air putih dalam jumlah cukup, minimal 2 L perhari atau sesuai dengan kebutuhan tubuh.
  • Hindari menahan buang air besar maupun kecil dalam waktu lama.
  • Konsumsi cukup lemak sehat, seperti lemak yang berasal dari minyak zaitun, buah zaitun, ikan, kacang-kacangan, minyak kelapa, telur organik, dan buah alpukat.
  • Konsumsi makanan yang membantu pertumbuhan bakteri ‘baik’ dalam usus, seperti yoghurt.
  • Hindari atau kendalikan level stress.
Perlu diingat bahwa setiap orang memiliki kebiasaan buang air besar yang berbeda, dan perubahan pada kebiasaan individu itulah yang menjadi patokan dari normal/teratur tidaknya buang air besarnya.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Agar BAB Teratur"

Post a Comment