[ISLAMI] Ini Perkataan Rasulullah Usai Melihat Gerhana


Ini Perkataan Rasulullah Usai Melihat Gerhana
Rasulullah melihat surga sekaligus neraka saat gerhana terjadi.
Dulu, kemunculan gerhana dikaitkan pada kelahiran atau kematian seseorang. Hal itu juga terjadi pada zaman Rasulullah masih hidup.

Masyarakat Arab menganggap kemunculan gerhana matahari berkaitan dengan kematian putra Rasulullah, Ibrahim. Mendengar hal itu Rasulullah segera membantah dan menyebut gerhana merupakan fenomena alam biasa.

Tetapi, Rasulullah berpesan kepada umat Islam untuk selalu mengingat Allah. Ini lantaran ada sesuatu yang ditangkap Rasulullah, sementara para sahabat tidak mampu menangkapnya.

Kisah ini termuat dalam hadis yang diriwayatkan Muslim, yaitu berupa perbincangan antara Rasulullah Muhammad SAW dengan para sahabat usai salat gerhana. Kisah tersebut dituturkan oleh Ibnu Abbas.

Berikut petikannya:

"Wahai Rasulullah, kami melihat engkau sepertinya mendapatkan sesuatu di tempat Anda berdiri. Kami juga melihat Anda menahan kedua tangan?" tanya sahabat.

"Sesungguhnya aku melihat surga. Aku mendapati satu tandan darinya. Sekiranya kuambil, niscaya kalian akan memakannya selama dunia ini berputar. Aku juga melihat neraka, sebuah pandangan mengerikan yang belum pernah kusaksikan sebelumnya. Kulihat kebanyakan penghuninya adalah kaum wanita," ucap Rasulullah.

"Apa sebabnya?" tanya sahabat.

"Lantaran kekufuran mereka," kata Rasulullah.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "[ISLAMI] Ini Perkataan Rasulullah Usai Melihat Gerhana"

Post a Comment