Testis Besar Sebelah


Perlu diketahui bahwa testis ukurannya memang tidak sama antara kanan dan kiri. Hanya saja perbedaannya tidak terlalu mencolok sekali. Umumnya testis yang kanan lebih besar dari bagian kiri dan testis kiri posisinya lebih rendah dari bagian kanan.
Jika anda curiga atau antara kedua testis terlihat ada perbedaan ukuran yang mencolok. Anda bisa periksakan dengan cara mandi air hangat atau berendam dalam air hangat. Udara yang hangat membuat testis akan menjadi lemas sehingga testis akan mudah diperiksa. Kemudian periksa dan raba testis anda, apakah ada benjolan, perubahan warna, lebam dan lain-lainnya. Anda perlu mengingat juga apakah pernah terjadi trauma pada bagian testis anda, apakah terjatuh atau terkena benturan. Terlelih lagi jika sering terasa nyeri ataunyeri ringan yang berkelanjutan pada testis anda.
Testis yang lebih besar sebelah secara medis bisa mengarah kepada penyakit berikut:
  1. Adanya tumor pada Testis
  2. Hernia pada testis (hernia scrotalis yaitu ada usus yang turun ke dalam testis)
  3. Varicocele (gangguan vas deferens yaitu pada saluran sperma)
Kami sarankan jika memang ada indikasi untuk diperiksakan seperti ukuran yang terlalu mencolok, rasa nyeri dan perubahan warna, anda bisa memeriksakkan ke dokter. Khususnya dokter spesialis urologi.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Testis Besar Sebelah"

Post a Comment