Tips Cara Menghidupkan Kembali Baterai Handphone Yang Ngedrop


baterai yang ngedrop tentu sangat menjengkelkan karena daya tahannya sudah tidak begitu lama lagi. Hal ini tentu akan membuat kita sering melakukan charger dan sangat tidak nyaman jika dibawa dalam perjalanan. Nah melalui artikel berikut ini saya ingin berbagi informasi mengenai cara menghidupkan kembali baterai handphone yang ngedrop. Semoga dengan cara ini kita bisa meningkatkan kembali daya tahan baterai handphone kita yang sudah mengalami drop.

Baterai handphone merupakan hal yang terpenting dari sebuah handphone. Karena dengan adanya sebuah baterai barulah handphone yang canggih bisa beroperasi. Namun kebiasaan buruk kita dalam memperlakukan handphone akan membuat kualitas baterai handphone kita menurut, salah satu nya adalah baterai handphone kita menjadi drop sehingga dayanya tidak dapat bertahan lama. Untuk itu kita perlu berhemat dalam pemakaian baterai. Silahkan baca artikel saya mengenai cara menghemat pemakaian baterai android.

Jika baterai kita sudah mengalami drop biasanya bentuk fisiknya berubah, yang paling umum adalah dengan menggelembungnya baterai handphone kita. Jika sudah memasuki tingkat yang parah maka baterai kita tidak bisa dipakai lagi karena sudah mati. Namun jangan khawatir karena baterai yang mati sebenarnya bisa dihidupkan lagi. Hal ini tentu sangat menguntungkan karena kita bisa menghemat biaya untuk pembelian baterai baru. Baiklah langsung saja silahkan ikuti cara menghidupkan baterai handphone yang ngedrop berikut ini:

Cara Menghidupkan Kembali Baterai Handphone Yang Ngedrop

1. Bungkus Baterai
Pertama-tama kita bungkus terlebih dahulu baterai yang ingin kita hidupkan kembali atau yang ingin kita kembalikan kapasitas dayanya menggunakan kantong plastik. Pastikan kantong plastik tersebut dapat ditutup rapat.
 
2. Masukkan Baterai Ke kulkas
Langkah selanjutnya adalah masukkan baterai yang kita bungkus tadi ke dalam kulkas. Jika kita menggunakan kulkas sayur maka masukkanlah baterai ke bagian freezer nya (tempat yang dapat membekukan). Atur suhu kulkas antara medium-maksimum dan biarkan baterai selama 24 jam di dalam kulkas.

3. Keluarkan Baterai Dan Keringkan
Setelah 24 jam, kita keluarkan baterai dari dalam kulkas. Kemudian keluarkan baterai dari dalam kantong. Selanjutnya menggunakan kain kita keringkan baterai kemudian bungkus baterai menggunakan tisu atau kain yang mudah menyerap air. Hal ini bertujuan untuk menyerap air yang tercipta akibat pengembunan selama proses pengembalian suhu baterai ke suhu kamar.

4. Pengembalian Suhu Baterai Ke Suhu Kamar
Selama proses pengembalian suhu baterai ke suhu kamar, anda tidak boleh meninggalkan baterai. Anda harus siaga untuk mengganti kain atau tisu jika sudah basah dan selalu siaga mengeringkan setiap titik embun air yang tercipta selama proses pengembalian suhu baterai ke suhu normal.

5. Pasang Kembali Baterai Ke Handphone
Setelah dipastikan suhu baterai benar-benar normal dan keadaan baterai sudah kering maka kita tinggal memasang kembali baterai ke handphone kita. Yang perlu dipastikan adalah suhu baterai handphone kita benar-benar sudah normal jika tidak maka akan menyebabkan terjadinya pengembunan dan berisiko menyebabkan arus pendek.

6. Charger Handphone Dalam Kondisi OFF
Langkah selanjutnya adalah mencharger handphone kita dan pastikan handphone kita dalam kondisi OFF. Charger handphone sampai penuh kemudian cabut charger lalu charger lagi. Ulangi langkah ini sampai 3 kali. Hal ini bertujuan untuk memastikan cell-cell pada baterai benar-benar terisi seluruhnya. Selesai.

Nah sobat sekalian, itulah sedikit informasi mengenai cara menghidupkan kembali baterai handphone yang ngedrop. Semoga dengan menggunakan cara ini kita bisa menghidupkan lagi baterai handphone kita yang daya tahannya sudah tidak lama lagi. Selain itu baca juga informasi lain mengenai cara menghitung lama waktu pengisian baterai.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Cara Menghidupkan Kembali Baterai Handphone Yang Ngedrop"

Post a Comment