TOLONG SEBARKAN..!!! Tips agar tidak Terjebak Berita Hoax


Media informasi saat ini sungguh banyak sekali. Tak hanya media cetak, radio, dan televisi, tapi juga bertambah luas dengan adanya media sosial. Dan zaman sekarang ini, sebagian besar orang memiliki akun media sosial, meski hanya satu akun.
Dengan media sosial, segala macam info dan berita mudah sekali tersebar. Apalagi dengan fitur share gambar, video, dan berita. Yang menjadi bahaya adalah, berita tersebut tidak ada filternya. Sehingga semua orang dapat menerima berita itu mentah-mentah tanpa tahu apakah itu asli atau hoax belaka.
Berita hoax / Gambar via neurobonkers.com
Inilah tips agar tidak terjebak berita hoax :
  1. Bertanya pada Orang yang Memang Ahli

    Sebelum mempercayai suatu berita, ada baiknya bertanyalah pada orang yang sudah ahli di bidang tersebut. Kamu juga bisa mengakses internet dan mencari berita tersebut. Lihat komentar orang terhadap berita tersebut, bagaimana reaksi mereka.
  2. Baca Seluruh isi Berita, Jangan Setengah-setengah

    Seringkali kita melihat judul yang tidak relevan dengan isinya. Apalagi kita baru membaca satu atau dua paragraf saja. Ini hanya bagian provokasi dari sang penulis agar pembaca tertarik membacanya.
  3. Jika hanya Berupa Foto atau Video, Perhatikan Apakah itu Editan atau Asli

    Sebelum men-share apa yang kamu lihat, semenarik apapun itu, se unik apapun itu, tahanlah tanganmu jangan sampai men-share dulu. Perhatikan baik-baik apakah foto atau video itu asli atau hanya editan. Karena zaman sekarnag ini mudah sekali mengedit foto atau video dengan aplikasi di gadget.
  4. Kamu Perlu Sikap Skeptis dan Kritis

    Kamu harus memiliki sikap skeptis dan kritis, hal ini dimaksudkan agar kamu tidak mudah terpengaruh dengan berita yang ada. Kamu harus paham dan teliti dulu, juga perhatikan apakah berita itu masuk akal atau tidak.
  5. Perhatikan Sumbernya

    Yang terpenting adalah perhatikan sumber berita yang kamu dapat. Apakah berita itu di dapatkan dari website yang terpercaya, atau dari orang yang terpercaya. Jika berasal dari website yang tidak jelas atau bahkan website humor, sebaiknya jangan terlalu percaya. Apalagi kamu percaya pada berita hasil share orang lain yang tidak kamu kenal.
Itulah tips agar kamu tidak mudah terjebak dalam berita hoax. Jadilah orang yang pandai dalam memilah berita.
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "TOLONG SEBARKAN..!!! Tips agar tidak Terjebak Berita Hoax"

Post a Comment