Inspirasi : Bermodal Rp2 Juta, Pria Sukses Jadi Miliarder Obat

Apa yang akan kamu lakukan jika memiliki uang Rp 2 juta? Mungkin kamu akan membelanjakannya. Atau kamu akan mentraktir teman-temanmu agar kamu terlihat keren.

Mungkin bagimu uang Rp 2 juta itu tak terlalu banyak. Tapi percayakah jika uang Rp 2 juta itu dapat mengubah kehidupan seseorang menjadi orang terkaya?
Dilip Shanghvi / Gambar via livemint.com
Dialah Dilip Shanghvi, yang mendobrak kesuksesan melalui bisnis obat, yaitu Sun Pharmaceutical. Ia dinobatkan sebagai orang terkaya di India dengan kekayaan senilai 20 miliar dolar dan perusahaannya masuk dalam 5 produsen obat terbesar di dunia.

Dilip lahir pada tahun 1955, terlahir dari keluarga yang biasa-biasa saja. Ia pun hidup normal seperti anak pada umumnya. Kemudian, ia berkuliah di Universitas Calcutta di jurusan perdanganan dengan nilai yang biasa saja.
Setelah lulus kuliah, ia memilih membantu ayahnya berjualan obat. Ayahnya sudah berjualan obat beberapa tahun yang lalu, tapi belum sampai pada titik suksesnya. Beberapa minggu kemudian, ia terfikir untuk membawa bisnis obat ayahnya ke kota. Karena Dilip merasa, di kotalah ia akan menemukan banyak pelanggan.

Di tahun 1983, DIlip meminjam uang sebesar 10 ribu rupee kepada ibunya untuk membuka toko obat sendiri di Mumbai. Mulai dari sinilah, kesuksesan Dilip dimulai.


Dilip yang tak memiliki background sebagai ahli obat tak menyerah dengan bisnisnya. Namun, pengetahuannya tentang perdagangan ia manfaatkan untuk mengembangkan bisnisnya.

Keuntungan menjual obat di Mumbai ia tabung untuk membeli pabrik obat. Ia juga mengakuisisi salah satu pabrik obat di India untuk menambah pengetahuan soal obat. Ia juga berhasil membeli saham pabrik obat Knoll Pharma dan toko obatnya berhasil merambah ke 24 negara di Asia.

Nampaknya, ia ketagihan untuk melakukan akuisisi dan investasi di pabrik obat. Tak hanya itu, ia hampir merambah semua jenis obat yang ada di dunia kesehatan. Sekarang, jumlah total akuisisi dan investasi yang dilakukan Dilip sebanyak 19 pabrik di India.

Uniknya dari Dilip, ia tidak ingin menjadi chairman di perusahaannya. Ia hanya ingin menjadi manajer, alasannya karena ia ingin tetap dekat dengan karyawannya. Ia mengaku, bahwa kesuksesan perusahannya itu berkat karyawannya dan Dilip memilih orang lain yang profesional untuk menjadi chairman di perusahaannya.

Dilip tidak berniat menjadi produsen obat nomor 1 di dunia. Tapi, tujuannya adalah bagaimana bisnisnya terus berjalan dan menjangkau seluruh dunia. Hal itu dilakukan Dilip dengan terus menjaga kualitas dari obat-obatnya.

Tak ada yang tak mungkin, dari orang biasa dapat menjadi orang yang luar biasa dan tetap mengutamakan kerendahan hati.

Sumber : http://www.catatankecilku.net/
loading...

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inspirasi : Bermodal Rp2 Juta, Pria Sukses Jadi Miliarder Obat"

Post a Comment